Langsung ke konten utama

Filsafat Pendidikan (ahmad nasirudin 15120090)

Dari penjelasan yang di sampaikan oleh pak aniq ketika perkuliahan hari selasa 25 september 2018 saya akan mereview tentang “Mnausia diciptakan berbeda dengan makhluk lain”.
Allah SWT menciptakan manusia itu rumit, menurut pak anik dan terdiri dari 4 unsur. Tidak seperti malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT hanya dari satu unsur yaitu Nur(cahaya) atau iblis yang diciptakan dari Api. Menurut penjelasan dari pak aniq iblis adalah malaikat yang paling tua. Iblis juga adalah ibarat seperti tangan kanan dari Allah SWT. Untuk menguji ketaatannya Allah menciptakan alam semesta berserta isinya keculai manusia. Kemudian Allah menyuruh iblis untuk melihat alam semesta yang diciptkan Allah SWT untuk tempat manusia itu berada. Kemudian turunlah iblis ke alam semesta (bumi), iblis terkagum kagus dengan keindahan yang ada di dalam bumi hingga suatu ketika Allah menyuruh iblis untuk kembali lagi ke tempatnya. Allah SWT lalu  menceritakan bahwa nantinya Allah SWT akan menciptakan makhluk bernama “manusia” yang akan menjadi khalifah di bumi.  Akan tetapi iblis tidak setuju akan hal itu. Menurut iblis, manusia hanya akan menimbulkan kerusakan di bumi.
Manusia diciptakan oleh Allah di bekali oleh akal dan pikiran yang membuatnya berbeda dengan makhluk lainnya. Akal mempunyai peran yang sangat penting dalam memutuskan sesuatu. Dengan akal manusia dapat berfikir,menganalisa,mencari tahu baik untuk dirinya sendiri maupun untuk alam semesta. Dengan akal manusia berupaya mensejahterakan diri dan meningkatkan diri dan meningkatkan kualitas kehidupannya.
Akal dan hati ibarat dua benda yang saling melengkapi, apa yang tidak dikuasai oleh akal dapat dilakukan oleh hati, dan begitupun sebaliknya, karena hati dapat mengetahui apa – apa yang tidak dapat dijangkau oleh akal, dan tentu saja ketajaman akal harus diimbangi dengan kebersihan hati.15120061 MUKHOLIFAH ( http://kholifahmukholifah.blogspot.com/2018/09/asal-usul-pendidikan-dan-formula.html ) 15120064 CHINTYA BUDHYARTO PUTRI (http://chintyabudhyartoputri.blogspot.com/2018/09/chintya-budhyarto-putri151200647-c.html?m=1 ) 15120090 AHMAD NASIRUDIN (http://15120090.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html?m=1 ) 15120101 AYU PUSVITA SARI (http://ayupusvita98.blogspot.com/ ) 15120103 IRWAN BUDHI PRASETYA (https://irwanbudhiprasetya18.blogspot.com/ ) 15120104 INDRA DIO MEI PRATAMA 15120105 DWI SURYANING NURUS SYAFAAH (http://syafapgsdupgris.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html?m=1 ) 15120107 RANDY DWI SAPUTRO (http://randysaputra11.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120109 YUWENTI RIFALDIYAH (http://yrifaldiyah24.blogspot.com/2018/09/saya-yuwenti-rifaldiyah-dari-kelas-7c.html?m=1 ) 15120110 IRMA RISTANTINA LUTHVIYANI (http://irmaristhvi97.blogspot.com/2018/09/reportase.html?m=1 ) 15120111 YULIANA FITRI AMIN (http://yulianamusiku.blogspot.com/2018/09/reportase-2.html ) 15120113 IKA SHOFWATUL MUNNA ( http://ikasoft97.blogspot.com/2018/09/reportase-filsafat-pendidikan.html ) 15120114 TYO NUR FIRMAN (https://firmantioo.blogspot.com/2018/09/prngertian-filsafat-secara-umum.html ) 15120116 WENY WIDYA (http://wenywidya96.blogspot.com/2018/09/asal-usul-ilmu.html ) 15120117 SRI UTAMININGSIH ( https://utaminingsihcerdasmendidik.blogspot.com/ ) 15120121 TRISCA CAMELIA ( https://blogkucamelia.blogspot.com/2018/09/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html?m=1 ) 15120122 ERIN NOFAIDAH (http://erinnofaidahupgrispgsd.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120123 BUNGA CHIKA PRATAMA (http://filsafatpendidikanbunga.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120126 SILVIA MARANTIKA ( http://silvmrt.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan-pertemuan-ke-1.html?m=1 ) 15120129 ANDRE AGGASY HARHARA (https://andreaggasyharhara407.blogspot.com/2018/09/stephen-william-hawking-keterbatasan.html?m=1 ) 15120131 AHMAD HIDAYAT () 15120133 DEA AYU APRELIA (https://filsafat-pendidikan-dea.blogspot.com/2018/09/ilmu-swt-memiliki-sifat-alim-yang.html?m=1 ) 15120134 HIKMAH WIJI HASTUTI (http://jongwijong123.blogspot.com/2018/09/reportase-perkuliahan-filsafat.html ) 15120135 RINDIANA PUTRI RIANI (https://rindianaputriblogaddress.blogspot.com/2018/09/pengertian-filsafat-pendidikan.html ) 15120136 NUR ADHA PRABA HANA PURI (http://hanapurina.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html?m=1 ) 15120139 DICKRI TIFANI BADI () 15120142 ANIS MAULIDA (http://anismaulida84.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan-membahas-mengenai.html#more ) 15120134 NUARI NUR BAETI (https://nurinabilasari.blogspot.com/2018/09/reportase-perkuliahan-filsafat.html?m=1 ) 15120150 RETNA FITRI CAHYANINGTYAS (http://retnopgsdupgris.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120203TEGUH ARIF PRASETYO (http://teguhrarifprasetyo.blogspot.com/2018/09/filsafat-dapat-diartikan-sebagai.html?m=1 ) 15120204 NOOR KHOLIFAH SAIDAH (https://noorkholifah204.blogspot.com/2018/09/perempuan-menjadi-proses-dalam.html?token=APq4FmCuu2QkTABAQWlfz4W8JeIP2oedhEmJRJnmohS0UvnMJhNqxcZTXBditaCMwMExtNoUdW06hAAZZMIug9cTeQRb_dCe9QTWWFHkL5S0RN4pnEGc2AmPcM_qhvsSv5g6p7RRPu1G&postId=7835651406170816770&type=POST ) 15120206 PUTRI AMALIAH ( ) 15120229 ELA ATIKA (http://elaatika96.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120237 AYU INTAN TINA (http://ayuintantina06.blogspot.com/2018/09/ilmu-selalu-melibatkan-manusia_27.html?m=1 ) 15120262 RARAS NOVIYANTI (http://rarasny.blogspot.com/2018/09/filsafat-adalah-suatu-kebijaksanaan.html?m=1 ) 15120266 NUR KHASANAH (http://khasanahn952.blogspot.com/2018/09/ilmu-dalam-filsafat-pendidikan.html ) 15120275 DWY AFITA SARI (https://dwyafita.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120278 EVI ISTIANAH ( http://ilmufilsafatpendidikan.blogspot.com/ ) 15120283 TEGGOEH SUSILO (https://suteg1.blogspot.com/?m=1 ) 15120284 FELLA SILKYANTI (http://fellasilkyanti25.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan-selasa-25-september.html ) 15120291 EL FRISA YUNITA ANINDYA (http://elfrisayanindya.blogspot.com/2018/09/akal-adalah-salah-satuanugrah-pemberian.html?m=1 ) 15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO () 15120474 DIMAS BUDY PRASETYO (http://15120474.blogspot.com/2018/09/menurut-penuturan-daripak-aniq-pada.html )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat pendidikan 16 oktober 2018

FILSAFAT PENDIDIKAN Dari penjelasan yang disampaikan oleh Pak Aniq pada tanggal 16 Oktober  2018. Ruang                                                               Jasad Roh Jasad disebut juga wadag. Wadag bisa bergerak karena adanya roh. Akal itu sesuatu yang misterius, karena ketika ada yang bertanya di mana keberadaan akal itu? Kalian pasti tidak bisa menjawab di mana akal itu. Di sini ada tesa atau tesis mengatakan bahwa keberadaan akal itu misterius. Fungsi otak kanan dan otak kiri yang dianggap sebagai pengaruh dampak. Otak kanan itu berfungsi untuk ketrampilan, sedangkan otak kiri berfungsi untuk logika/rasio. Karena yang memfungsikan semua itu akal, akal sebagai generator yang menggerakan realitas-realitas atau asma’. Diri itu adalah ruang, jadi jangan mudah untuk dikendalikan oleh ruang-ruang di luar esensi. Pendidikan itu di ciptakan dari kesadaran. Kesadaran itu memahami diatas ruang. Manusia itu adalah titah Tuhan atau jejak Tuhan. Gerakan Tuhan berada digerak

Pendidikan dan Pengajaran

PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Pada dunia pendidikan sering kita jumpai atau kita dengar istilah-istilah seperti: Pendididik, Pengajaran. Di blog ini akan sedikit saya jelaskan definisi serta perbedaan antara istilah tersebut.Manusia ceenderung memahami simbol.Sejatinya manusia mengelola, sejelek apapun  asifat iblis tetap harus mencari sisi baiknya. Pendidikan dan pengajaran : Hakikat pendidikan di sekolah : di beri materi di kelas sampai selesai lalu pulang . Hakikat pengajaran : mengajarkan nilai- nilai kehidupan Matemaika adalah logika kehidupan, logika proses. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan . Pendidikan sejatinya adalah laku atau tuntunan yang di lakukan . Pola pendidikan harus runtun. Pengajaran memberikan pengetahuannya. Fungsi pengajaran memberi pengetahuan itu untuk mencapai tujuan pendidikan. Manusia yang sering tukar informasi disebut mengajari.Dalam hal itu tidak ada tingkatan artinya mereka sama sejajar. Bisa dikatakan bahwa pendidikan adalah pengayoman.A