Langsung ke konten utama

Filsafat pendidikan 16 oktober 2018

FILSAFAT PENDIDIKAN

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Pak Aniq pada tanggal 16 Oktober  2018.

Ruang                                                               Jasad
Roh

Jasad disebut juga wadag. Wadag bisa bergerak karena adanya roh.
Akal itu sesuatu yang misterius, karena ketika ada yang bertanya di mana keberadaan akal itu? Kalian pasti tidak bisa menjawab di mana akal itu. Di sini ada tesa atau tesis mengatakan bahwa keberadaan akal itu misterius.
Fungsi otak kanan dan otak kiri yang dianggap sebagai pengaruh dampak. Otak kanan itu berfungsi untuk ketrampilan, sedangkan otak kiri berfungsi untuk logika/rasio. Karena yang memfungsikan semua itu akal, akal sebagai generator yang menggerakan realitas-realitas atau asma’.
Diri itu adalah ruang, jadi jangan mudah untuk dikendalikan oleh ruang-ruang di luar esensi.
Pendidikan itu di ciptakan dari kesadaran. Kesadaran itu memahami diatas ruang.
Manusia itu adalah titah Tuhan atau jejak Tuhan. Gerakan Tuhan berada digerakan manusia, bukan gerakan manusia yang berada digerakan Tuhan. Manusia pandai untuk mengelola diri sendiri. Manusia di ciptakan paling akhir dari ciptaan-ciptaan Tuhan di jagad raya karena manusia dianggap sebagai ciptaan yang bisa merangkul atau bisa menampung semua semesta ini.  Manusia di beri akal, hati, dan sabar.
Simbol Garuda yang ada di candi Borobudur itu artinya simbol majapahit pada zaman kerajaan kuno.
Diri(Dzat) melebur menjadi sifat kemudian menjadi Asma’ (realitas) dan Af’al (tindakan).

(http://ayuintantina06.blogspot.com/2018/09/ilmu-selalu-melibatkan-manusia_27.html?m=1 ) 15120262 RARAS NOVIYANTI (http://rarasny.blogspot.com/2018/09/filsafat-adalah-suatu-kebijaksanaan.html?m=1 ) 15120266 NUR KHASANAH (http://khasanahn952.blogspot.com/2018/09/ilmu-dalam-filsafat-pendidikan.html ) 15120275 DWY AFITA SARI (https://dwyafita.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan.html ) 15120278 EVI ISTIANAH ( http://ilmufilsafatpendidikan.blogspot.com/ ) 15120283 TEGGOEH SUSILO (https://suteg1.blogspot.com/?m=1 ) 15120284 FELLA SILKYANTI (http://fellasilkyanti25.blogspot.com/2018/09/filsafat-pendidikan-selasa-25-september.html ) 15120291 EL FRISA YUNITA ANINDYA (http://elfrisayanindya.blogspot.com/2018/09/akal-adalah-salah-satuanugrah-pemberian.html?m=1 ) 15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO () 15120474 DIMAS BUDY PRASETYO (http://15120474.blogspotut-penuturan-daripak-aniq-p

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat Pendidikan (ahmad nasirudin 15120090)

Dari penjelasan yang di sampaikan oleh pak aniq ketika perkuliahan hari selasa 25 september 2018 saya akan mereview tentang “Mnausia diciptakan berbeda dengan makhluk lain”. Allah SWT menciptakan manusia itu rumit, menurut pak anik dan terdiri dari 4 unsur. Tidak seperti malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT hanya dari satu unsur yaitu Nur(cahaya) atau iblis yang diciptakan dari Api. Menurut penjelasan dari pak aniq iblis adalah malaikat yang paling tua. Iblis juga adalah ibarat seperti tangan kanan dari Allah SWT. Untuk menguji ketaatannya Allah menciptakan alam semesta berserta isinya keculai manusia. Kemudian Allah menyuruh iblis untuk melihat alam semesta yang diciptkan Allah SWT untuk tempat manusia itu berada. Kemudian turunlah iblis ke alam semesta (bumi), iblis terkagum kagus dengan keindahan yang ada di dalam bumi hingga suatu ketika Allah menyuruh iblis untuk kembali lagi ke tempatnya. Allah SWT lalu  menceritakan bahwa nantinya Allah SWT akan menciptakan makhluk bernama “

Pendidikan dan Pengajaran

PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Pada dunia pendidikan sering kita jumpai atau kita dengar istilah-istilah seperti: Pendididik, Pengajaran. Di blog ini akan sedikit saya jelaskan definisi serta perbedaan antara istilah tersebut.Manusia ceenderung memahami simbol.Sejatinya manusia mengelola, sejelek apapun  asifat iblis tetap harus mencari sisi baiknya. Pendidikan dan pengajaran : Hakikat pendidikan di sekolah : di beri materi di kelas sampai selesai lalu pulang . Hakikat pengajaran : mengajarkan nilai- nilai kehidupan Matemaika adalah logika kehidupan, logika proses. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan . Pendidikan sejatinya adalah laku atau tuntunan yang di lakukan . Pola pendidikan harus runtun. Pengajaran memberikan pengetahuannya. Fungsi pengajaran memberi pengetahuan itu untuk mencapai tujuan pendidikan. Manusia yang sering tukar informasi disebut mengajari.Dalam hal itu tidak ada tingkatan artinya mereka sama sejajar. Bisa dikatakan bahwa pendidikan adalah pengayoman.A